Selasa, 16 Februari 2010

Tentang Suchao Nutnum & Kosin


Suchao
"Sedih Tinggalkan Persib dan Bobotoh"
SEPERTI hari-hari sebelumnya, usai sesi latihan pagi di Stadion Siliwangi Bandung, Senin (25/1), wajah Suchao Nuchnum memang terlihat berseri. Malah ia sempat bercanda dengan menendang bola kepada seorang fotografer, yang tengah berusaha mengambil gambarnya. Tentu saja, tidak bermaksud mengenai sang fotografer.

Ketika rekan-rekannya sesama pemain Persib "menghajar" Munadi dengan butiran telur, serbuk kopi, dan terigu karena tengah berulang tahun, Suchao pun tertawa lebar. Ia memang tidak turut "menyiksa" pemain termuda Persib itu, tapi tetap larut dalam kegembiraan rekan-rekannya di hari jadi Munadi.

Di luar lapangan, senyum kekanak-kanakan terus ditebarkan Suchao kepada orang-orang yang menyapanya. Meski peluh masih bercucuran, dengan ramah ia melayani permintaan foto bersama dari puluhan bobotoh yang hadir di Stadion Siliwangi.

Dari seorang bobotoh wanita yang duduk di atas kursi roda, gelandang timnas Thailand itu sempat mendapat sebuah suvenir berupa hiasan dinding. Setelah menyiapkan waktu khusus untuk berfoto bersama bobotoh bernama Windi itu, Suchao tidak lupa mengucapkan terima kasih atas suvenir yang baru saja diterimanya.

Namun di balik keceriaannya pagi itu, Suchao ternyata menyimpan kesedihan. "Saya sedih, karena sebentar lagi akan meninggalkan Persib," katanya kepada wartawan yang mengerubunginya. "Tanggal 29 Januari saya harus pulang ke Thailand," tambahnya.

Ya, masa kontrak peminjaman Suchao oleh Persib memang akan selesai akhir bulan ini. Laga melawan Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kab. Bandung, Selasa (26/1) ini akan menjadi partai terakhir buatnya.

"Meski hanya dua bulan setengah, banyak hal yang saya dapatkan di sini. Sambutan bobotoh, pemain, dan ofisial tim sangat mengesankan. Itu semua bakal sulit saya dapatkan di tempat lain. Terima kasih atas semua yang telah saya dapatkan di sini," katanya.

Sejak memulai debutnya pada saat menghadapi Pelita Jaya Karawang di Stadion Si Jalak Harupat, 21 November lalu, Suchao sudah 12 kali tampil bersama Persib. Sejak penampilan menawannya, plus satu gol yang disumbangkannya dalam laga tersebut, Suchao langsung menjadi idola bobotoh. Setiap kali usai menjalani latihan, ia selalu diburu para penggemarnya. Replika kostum bernomor punggung 15 juga laris manis di sentra-sentra penjualan aksesori Persib.

"Suporter di sini memang sangat luar biasa. Tapi saya belum tahu selebrasi macam apa yang akan saya lakukan usai pertandingan terakhir besok (hari ini, red). Satu hal yang pasti, saya akan berusaha mencetak gol untuk kemenangan Persib," katanya.

Diam-diam bobotoh tengah membuat kekuatan agar bisa menahan Suchao Nutnum untuk bertahan di Persib. Lewat gerakan facebookers, mereka membuat "1.000.000 Facebookers Mendukung Suchao Nutnum Dipertahankan". Hingga sore ini sudah ada 3,568 anggota.

Namuan usaha itu sepertinya sia-sia karena Suchao telah memutuskan untuk perigi meninggalkan Persib dan akan memperkuat Thailand Power Electric FC (TPE) selama tiga musim.

Kesedihan terpancar dari facebooker untuk melepas Suchao. Gebyy Sii Ladiesvikingpersib misalnya dia mencurahkan kesedihannya. Begini katanya, "GMAU KEHILANGAN SUCHAO NUCHUM [ Titik] =(." Lain lagi dengan facebooker pemilik akun Aldy 'Suchao' Ivanovic Suchao. Dia masih berharap Suchao bisa kembali lagi membela Persib. "Thanks for your dedication that you give to PERSIB....I hope soon or someday you'll be part of perrsib again in full condition of contact......." Suchao sendiri berjanji akan kembali bermain bersama Persib musim depan. "Musim depan jika manajemen TPE mau melepas saya, saya berjanji akan kembali ke Persib," janji Suchao yang diterjemahkan oleh Kosin. Suchao menegaskan bahwa Persib adalah rumah kedua baginya. Suport dan antusiasme dari bobotoh setiap Persib bertanding yang membuatnya ingin sekali kembali ke Persib suatu saat nanti. "Baru kali ini saya merasakan atmosfer sepak bola seperti di Persib. Saya ingin bermain lagi nanti di Persib," yang masih diterjemahkan oleh Kosin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar